News Stream Pro – Menyambut *Kick Off* MAXI Day 2025, Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengajak sejumlah media untuk merasakan langsung sensasi touring menuju lokasi acara di alun-alun Kota Kudus, Jawa Tengah. Perjalanan yang dimulai dari Kota Solo pada hari Jumat, (20/6/2025) ini, menempuh rute sejauh 150 km melewati Purwodadi dan Jepara sebelum akhirnya tiba di Kudus.
Untuk menaklukkan rute yang cukup menantang ini, Yamaha NMAX Turbo dipilih sebagai andalan. Pilihan ini tentu bukan tanpa alasan. Selain menjadi bagian dari keluarga MAXI series, NMAX Turbo juga dilengkapi dengan teknologi YECVT (Yamaha Electric Continuously Variable Transmission) yang menjanjikan pengalaman touring yang lebih percaya diri dan menyenangkan.
Lantas, apa sebenarnya YECVT itu? Singkatnya, YECVT adalah fitur inovatif yang memungkinkan pengendara untuk mengatur sendiri putaran mesin (RPM) melalui tombol Y-Shift Turbo yang terletak di setang sebelah kiri. Hasilnya adalah akselerasi instan layaknya mobil turbo ketika dibutuhkan, misalnya saat menyalip kendaraan lain atau menaklukkan tanjakan curam. Mari kita kupas lebih dalam bagaimana cara kerja YECVT pada Yamaha NMAX Turbo.
Y-Shift NMAX Turbo Unjuk Gigi: Rasanya Touring Ratusan KM ke Kick Off MAXI Day 2025
Akselerasi
Fitur YECVT bekerja optimal baik saat akselerasi dari posisi diam (standing acceleration) maupun saat motor sedang melaju (passing acceleration). Dalam pengalaman touring kali ini, penggunaan YECVT lebih difokuskan pada saat passing acceleration, terutama ketika ingin menyalip kendaraan di depan. Berikut adalah langkah-langkahnya:
1. Tutup gas, kemudian tekan tombol shift sebanyak 1–3 kali sesuai kebutuhan. Perlu diketahui, Y-Shift memiliki tiga tingkatan. Shift 1 memberikan efek akselerasi yang paling lembut, sedangkan Shift 3 memberikan akselerasi paling responsif.
2. Setelah menekan tombol shift, buka gas sedikit atau pertahankan RPM (gantung RPM).
3. Lanjutkan dengan membuka gas secara cepat. Anda akan langsung merasakan dorongan instan pada motor.
Keunggulan lain dari NMAX Turbo adalah tersedianya pilihan riding mode, yaitu T (Town) dan S (Sport). Jika akselerasi setelah menekan shift masih terasa kurang, Anda dapat beralih ke mode S untuk mendapatkan sensasi yang lebih agresif. Tombol untuk mengganti mode berkendara ini terletak di panel setang sebelah kiri, posisinya mirip dengan tombol pass beam pada motor sport dan mudah diakses dengan jari telunjuk.
Deselerasi
Kemampuan mengatur RPM mesin juga berpengaruh signifikan terhadap kemampuan deselerasi. NMAX Turbo memiliki semacam engine brake yang sangat berguna saat akan memasuki tikungan. Berikut cara menggunakannya:
1. Tutup gas dan tekan tombol shift 1–3 kali (shift 3 untuk deselerasi maksimal).
2. Saat sebelum masuk atau ketika sedang menikung, tutup gas dan lakukan shift sesuai kebutuhan (1–3 kali). Anda tidak perlu khawatir karena ban belakang tidak akan mengunci dan motor tetap stabil.
3. Saat melintasi jalan menurun yang panjang, Anda dapat melakukan Shift berulang kali dengan menekan shift 1–3 kali.
4. Tekan tombol Mode untuk me-release shift, lalu tekan kembali tombol Shift sesuai kebutuhan.
Me-release Y-Shift
Setelah menekan shift, ada beberapa cara untuk menonaktifkan fitur ini. Sebenarnya, fitur ini dapat non-aktif secara otomatis. Namun, jika Anda ingin me-release-nya secara manual, Anda dapat melakukan salah satu dari cara berikut:
Opsi 1: Buka gas secara cepat.
Opsi 2: Tekan tombol mode sebanyak 1 kali (jika 2 kali, mode berkendara akan berubah).
Opsi 3: Tutup gas secara konstan.
Ringkasan
Yamaha Indonesia mengajak media untuk merasakan pengalaman touring menggunakan NMAX Turbo menuju acara MAXI Day 2025 di Kudus. NMAX Turbo dipilih karena dilengkapi teknologi YECVT (Yamaha Electric Continuously Variable Transmission) yang menawarkan pengalaman berkendara lebih baik. Fitur ini memungkinkan pengendara mengatur RPM mesin melalui tombol Y-Shift Turbo untuk akselerasi instan saat menyalip atau menanjak.
YECVT optimal untuk akselerasi dan deselerasi. Saat akselerasi, pengendara menutup gas lalu menekan tombol shift (1-3 kali) untuk akselerasi yang diinginkan, kemudian membuka gas. Untuk deselerasi atau engine brake, proses serupa dilakukan sebelum memasuki tikungan atau saat menurun. Fitur Y-Shift dapat dinonaktifkan secara otomatis atau manual dengan membuka gas cepat, menekan tombol mode sekali, atau menutup gas secara konstan.








